Pengertian Pasar Dan Pemasaran
·
Pengertian Pasar
Pasar adalah kelompok individual
(perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang
tertentu, berdaya beli dan berminat merealisasikan pembeliannya.
·
Pengertian Pemasaran
Pemasaran adalah kegiatan pemasar
untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar
dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta
mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai
tujuan perusahaan.
Jenis-Jenis Pasar
·
Pasar Konsumen
Sekolompok pembeli yang membeli
barang untuk dikonsumsi, bukan dijual atau diproses lebih lanjut.
·
Pasar Industri
Pasar yang terdiri individu dan
lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai lagi, baik lansung
maupun tidak langsung, dalam memproduksi barang lain kemudian dijual.
·
Pasar Penjual
Individu dan organisasi yang membeli
barang untuk dijual lagi atau disewakan untuk mendapatkan laba.
·
Pasar Pemerintah
Pasar dimana terdapat lembaga
pemerintah, seperti : departemen, direktorat, kantor dinas dan instansi lain.
Konsep-Konsep Inti Pemasaran
·
Konsep Pemasaran
Penentuan kebutuhan dan keinginan
pasar sasaran dan pemberian kepuasan secara lebih efektif dan efisien dari yang
dilakukan pesaing.
·
Konsep produksi
Konsumen menyukai produk yang
tesedia dan selaras dengan kemampuan dan manajemen berkosentrasi pada efisiensi
produksi dan distribusi.
·
Konsep Produk
Konsumen menyukai produk yang
bermutu dan kinerja baik serta keistimewaan yang mencolok, manajemen harus
memperbaiki terus-menerus produknya.
·
Konsep Penjualan
· Konsumen tidak akan membeli
banyak produk kecuali manajemen melakukan usaha promosi dan penjualan yang
baik.
Manajemen Pemasaran
a. Keadaan Permintaan
Dan Tugas Pasar
1.
Permintaan Negatif (negatif demand)
Adalah keadaan sebagian terbesar
dari segmen pasar potensial yang penting tidak menyukai produk atau jasa yang
ditawarkan, bahkan mereka bersedia membayar untuk menghindarinya. Tugas
Pemasarannya adalah positif permintaan dan nama resminya adalah conversional
marketing.
2. Tidak ada permintaan (no demand)
Berarti orang tidak berminat sama sekali terhadap penawaran suatu produk atau
jasa. Penawaran yang ada dalam keadaan tidak ada permintaan dapat digolongkan
menjadi 3, yaitu :
*Barangnya
sudah dikenal tetapi dianggap tidak mempunyai nilai, misal barang-barang bekas.
*Barangnya
sudah dikenal dan dianggap bernilai, tetapi tidak mempunyai nilai untuk pasar
tertentu, missal penawaran perahu di daerah pegunungan.
*Barangnya
baru ditemukan dan menghadapi keadaan tidak ada permintaan Karena pasarnya
tidak mengetahui tentang adanya barang-barang tersebut, misalnya barang-barang
perhiasan.
Tugas manajer pemasaran pada keadaan permintaan ini adalah menciptakan
permintaan atau “stimulation marketing” adalah sebagai berikut :
*Mencoba
menghubungkan produk atau jasa dengan kebutuhan yang ada di pasar. Misal,
barang bekas dapat dibuat barang seni.
*Mencoba
mengubah lingkungan sedemikian rupa agar barang-barang yang ditawarkan menjadi
bernilai, misal membuat danau rekreasi untuk menciptakan permintaan terhadap
perahu.
*Menyebar
informasi tentang suatu barang yang baru ditemukan kepasar agar diketahui bahwa
barang tersebut ada dan orang tertarik untuk membeli.
3.
Permintaan terpendam (latent demand)
Adalah jika sebagian besar orang –
orang mempunyai kebutuhan yang kuat akan sesuatu yang tidak ada dalam bentuk
barang atau jasa yang nyata. Dalam keadaan permintaan seperti ini maka manajer
pemasaran mempunyai tugas untuk mengembangkan permintaan atau disebut
“development marketing”.
4.
Permintaan menurun (falling demand)
Adalah suatu keadaan di mana
permintaan untuk suatu produk atau jasa semakin berkurang dari tingkat
sebelumnya, dan diperkirakan akan menurun terus dan jika tidak memperbaiki
pasar yang dituju atau usaha-usaha pemasaran. Tugas pemasarannya adalah
“remarketing”.
5.
Permintaan tidak teratur (irregular demand)
Perusahaan dapat mengalami masa-masa
penuh dan masa-masa sepi atau permintaan tidak teratur, yaitu suatu keadaan
dimana pola pemintaan pada saat-saat tertentu dipengaruhi oleh fluktuasi musim
atau hal-hal lain. Tugas manajemen marketing adalah menyelaraskan permintaan
atau “syncromarketing”, yaitu dengan menyesuaikan permintaan dan penawaran
dengan mengubah pola permintaan misal dengan memberikan harga yang murah pada
masa-masa sepi atau mengenakan harga yang tinggi pada masa-masa ramai.
6.
Permintaan penuh (full demand)
Adalah suatu keadaan di mana tingkat
dan saat permintaan yang sekarang sama dengan tingkat dan saat permintaan yang
diharapkan. Permintaan pasar dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan yang bersifat
menekan, seperti perubahan kebutuhan dan selera di pasar, persaingan yang
aktif. Biasanya para pesaing akan muncul bilamana suatu produk mengalami
permintaan penuh. Tugas manajer permasaran adalah “maintenance marketing”,
yaitu dengan mempertahankan harga jual, mengendalikan biaya, tetap mengadakan
promosi.
7.
Permintaan yang berlebihan (overfull demand)
Adalah suatu keadaan dimana
permintaan lebih besar dari pada penawarannnya. Perusahaan merasa tidak mampu
untuk memenuhi permintaan yang lebih besar. Dalam hal ini tugas manajer
pemasaran adalah mengurangi permintaan atau disebut “demarketing”, yaitu dengan
menaikkan harga, mengurangi kegiatan promosi.
8.
Permintaan tidak sehat (unwholesome demand)
Adalah permintaan beberapa jenis
produk yang dapat dinilai tidak baik dari segi kesejahteraan konsumen,
kemakmuran masyarakat atau penyedia, seperti permintaan rokok, obat-obatan
terlarang atau ganja, dll. Dalam hal ini manajer pemasaran mempunyai tugas
untuk merusak atau meniadakan permintaan atau disebut “countermarketing”.
b. Falsafah Manajemen
Pemasaran
Terdapat 5 falsafah/pedoman yang
dapat digunakan oleh perusahaan untuk menjalankan aktivitas pemasaran, yaitu:
·
Production Concept
Konsumen lebih menyukai produk yang
tersedia secara luas dan murah harganya
·
Product Concept
Konsumen menyukai produk produk yang
menawarkan kualitas, dan kinerja terbaik, serta fitur fitur yang inovatif
·
Selling Concept
Konsumen dan pebisnis hanya akan
membeli produk yang melakukan usaha usaha pemasaran yang aktif. Konsumen tidak
akan membeli jika tidak ada usaha pemasaran yang gencar
·
Marketing Concept
Kunci pencapaian sasaran organisasi
adalah seberapa efektif suatu perusahaan dalam menciptakan, menyampaikan, dan
mengkomunikasikan nilai pelanggan yang lebih superior kepada target pasarnya
disbanding dengan pesaingnya
·
Holistic Marketing Concept
Merupakan konsep menyeluruh atas relationship
marketing, integrated marketing, internal marketing, social responsibility
marketing
a.
Relationship Marketing:
Sasaran kunci pemasaran adalah
mengembangkan relationship secara mendalam dan abadi dengan semua orang atau
organisasi yang dapat mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung
keberhasilan aktivitas pemasaran perusahaan.
Relationship marketing memiliki
tujuan membangun secara bersama-sama relationship jangka panjang yang memuaskan
dengan pihak pihak kunci, seperti: customer, supplier, distributors, dan
partner pemasaran lainnya, sehingga mampu menghasilkan dan mempertahankan
bisnisnya.
b.
Integrated Marketing
Pemasaran terintegrasi yang
memadukan:
1)
Product
2)
Price
3)
Place
4)
Promotion :
ü Advertising
ü Sales promotion
ü Events and experiences
ü Public relations
ü Direct marketing
ü Personal selling
c.
Internal Marketing
Pemasaran internal merupakan tugas
memilih, melatih, dan memotivasi pekerja/employee yang ingin melayani pelanggan
secara baik.
d.
Social Responsibility Marketing
Pemahaman akan wawasan yang luas
serta etika, lingkungan, hokum, dan social dalam konteks aktifitas dan program
pemasaran.
Bauran Pemasaran
Bauran Pemasaran atau Marketing Mix
adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari
sistem pemasaran perusahaan, yaitu :
a.
Produk
Suatu sifat yang komplek baik dapat
diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus, warna, harga, prestise
perusahaan dan pengecer, pelayanan perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh
pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhan.
b.
Saluran Distribusi
Saluran yang digunakan oleh produsen
untuk menyalurkan dari produsen ke konsumen atau pembeli industri.
c.
Harga
Sejumlah uang (ditambah beberapa
barang kalau mungkin) yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari
barang beserta pelayanannya.
d.
Promosi
Arus informasi atau persuasi satu
arah yang dibuat untuk mengarahkan sesorang atau organisasi kepada tindakan
yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
Tujuan Sistem Pemasaran
Ada empat alternatif dari sistem
pemasaran, yaitu :
a.
Memaksimumkan Konsumsi Pekerjaan
Pemasaran adalah memudahkan dan
merangsang konsumsi maksimum, akhirnya menciptakan produksi, kesempatan kerja,
dan kemakmurkan maksimum.
b.
Memaksimumkan Kepuasan Konsumen
Tujuan sistem pemasaran lain adalah
memaksimumkan kepuasan konsumen, bukan konsumsi. Tetapi mengukur kepuasan
konsumen tidak mudah, belum adanya tolak ukur kepuasan dari produk pada
individu, kepuasan dari produk atau jasa yang baik diimbangi oleh kejelekkan
dari pencemaran lingkungan, kepuasan yg diterima sesorang tergantung dari
sedikitnya orang lain memiliki barang tersebut.
c.
Memaksimumkan Mutu Hidup
Termasuk didalamnya kualitas,
kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang; mutu lingkungan fisik; dan
mutu lingkungan kultur.
Pendakatan Dalam Mempelajari Pemasaran
a. Pendekatan Seba Fungsi
Dilihat dari apa saja kegiatan pokok
pemasaran, yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan,
pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading, pengumpulan
informasi pasar.
b. Pendekatan Serba Lembaga
Dilihat dari lembaga atau organisasi
yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang dsb.
c. Pendekatan Serba Barang (Pendekatan
Organisasi Industri)
Studi tentang bagaimana barang
berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri Pendekatan
Serba Manajemen Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil.
Pendekatan Serba Sistem Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem
pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.
Sumber : http://ramandikamandira.blogspot.co.id/2012/01/pemasaran.html
Sumber : http://ramandikamandira.blogspot.co.id/2012/01/pemasaran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar