Kamis, 22 September 2016

RUANG LINGKUP BISNIS

I. PENGERTIAN BISNIS
   A. Beberapa Pengertian Bisnis
       • Bisnis berasal dari kata business/busy yang berarti sibuk. Sibuk mengerjakan
         aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya
       • Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. (Griffin & Ebert)
       • Bisnis dalam arti luas adalah semua aktivitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.
   Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh         individu dan sekelompok orang atau organisasi yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.
Kegiatan bisnis sebagai sebuah organisasi :
a. Produksi : penciptaan barang dan jasa.
b. Keuangan : kegiatan mencari dana yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan dagang.
c. Pemasaran : Kegiatan untuk menginformasikan barang dan jasa, mengidentifikasikan        keinginan konsumen.
d. Pengelolaan sumber daya manusia (SDM) : kegiatan mencari tenaga kerja dan meningkatkan kemampuannya. 

II. FUNGSI BISNIS
     Fungsi bisnis adalah untuk menciptakan nilai kegunaan suatu produk, yang semula kurang bernilai setelah diubah menjadi bernilai dan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat/ konsumen.
     Fungsi utama bisnis menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara:
 Form Utility : mengubah bentuk bisnis
 •  Place Utility : memindahkan bentuk
 •  Possessive Utility : mengubah kepemilikan
 •  Time Utility   : menunda waktu kegunaan

III. TUJUAN KEBIJAKAN BISNIS
  Melindungi usaha kecil dan menengah.
Kebijakan bisnis dibuat untuk melindungi usaha kecil dan menengah, karena mayoritas bisnis di Negara kita ini di dominasi oleh usaha-usaha menengah ke atas. Kebijakan ini berguna untuk mencegah usaha kecil tersingkir dan tidak mempunyai lahan atau wilayah berusaha. Padahal justru usaha kecil ini yang perlu dikembangkan sehingga bisa menjadi lebih besar dan mempunnyai daya saing.
• Melindungi lingkungan hidup sekitarnya.
   Melakukan bisnis atau usaha di Negara kita ini memiliki aturan, dan itu diharuskan. Aturan tersebut antara lain adalah tujuannya untuk tidak merusak atau memberi dampak negative kepada lingkungan hidup sekitar wilayah tempat usaha tersebut.Tidak dibenarkan jika membuang limbah ke tempat yang dimanfaatkan oleh penduduk sekitar, seperti sungai. Dengan adanya kebijakan ini, maka para pebisnis juga akan meminimalisasikan dampak negative yang nantinya akan berimbas kepada penduduk dan lingkungan hidup sekitarnya.
• Melindungi konsumen.
Bisnis yang baik adalah usaha bisnis yang mementingkan pelayanan kepada konsumen. Konsumen adalah raja yang perlu dilindungi. Konsumen jangan sampai dirugikan atau dikecewakan oleh karena mengkonsumsi jasa atau barang yang diproduksi dari para pebisnis tersebut. Segala yang diberikan kepada konsumen haruslah yang terbaik dan pelayannya pun harus prima. Jika konsumen merasa dilindungi dan mendapatkan yang terbaik dari para pebisnis tersebut, konsumen tidak segan-segan bekerja sama kembali.
• Pendapatan pemerintah.
Banyaknya bisnis yang beroperasi di Negara kita ini tentunya juga memberikan keuntungan bagi Negara kita juga. Bisnis yang beroperassi memiliki kewajiban untuk membayar pajak kepada pemerintah. Inilah yang sering kita sebut dengan devisa. Semakin banyak untung/laba yang diperoleh suatu uasaha bisnis, semakin besar pula ia harus membayar pajak Negara demikian sebaliknya. Devisa yang diperoleh tersebut digunakan lagi oleh pemerintah untuk melakukan pembangunan di tiap-tiap wilayah di Negara kita ini. Namun sering terjadi penyelewengan terhadap uang yang seharusnya menjadi hak rakyat ini ( korupsi ).

IV. MANFAAT BISNIS
1.      Memperoleh Penghargaan atau Pengakuan
Dengan adanya bisnis yang berhasil dan tumbuh serta berkembang akan memberikan dampak positif kepada masyarakat dan  akan mendapat pengakuan dari masyarakat itu sendiri.
2.      Melatih Pola Pikir
Dengan berbisnis pola pikir kita akan lebih kreatif dan innovatif agar usaha bisnis yang kita punya menjadi lebih menarik dan berkembang.
3.      Menjadi Terbiasa dalam Mengatur Waktu
Saat berbisnis kita tidak hanya mengatur waktu pribadi kita tetapi juga mengatur waktu seefisien mungkin agar kegiatan pribadi dan kegiatan berbisnis tidak






               https://santirahma.wordpress.com/2015/01/10/ruang-lingkup-bisnis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar